LIst

asrama motor MSE My Facebook

virtual memori

Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Singkatnya Bagian dari suatu hard drive yang diidentifikasi sebagai RAM melalui sistem operasi atau software lain. Karena memory hard drive lebih murah dari pada RAM tambahan, maka virtual memory adalah cara yang lebih murah untuk memperoleh tambahan memory dan meningkatkan kecepatan operasi aplikasi. Biasanya memory ini halamannya diarahkan ke harddisk.

Pada memori berkapasitas besar, hal-hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun pada memori dengan kapasitas yang sangat terbatas, hal ini akan menurunkan optimalisasi utilitas dari ruang memori fisik (memori utama), Setiap program yang dijalankan harus berada di memori. Memori merupakan suatu tempat penyimpanan utama (primary storage) yang bersifat sementara (volatile). Ukuran memori yang terbatas dapat menimbulkan masalah bagaimana menempatkan program yang berukuran yang lebih besar dari ukuran memori fisik (memori utama) dan masalah penerapan multiprogramming yang membutuhkan tempat yang lebih besar di memori. Kalau anda menggunakan Windows XP, untuk mencegah hal tersebut ikuti langkah berikut :

1. Klik Start - Control Panel
2. Double Klik icon System
3. Pada window System properties Klik Tab "Advanced"
4. Ada tiga bagian dalam tab advanced, klik tombol "settings" pada bagian performance
5. Pada window performance options, klik tab "advanced"
6. Klik tombol change pada bagian virtual memory (paling bawah)
7. Ubah ukuran virtual memori menjadi 4 kali lipat sebelumnya.

Prinsip dari memori virtual adalah bahwa "Kecepatan maksimum ekseskusi proses di memori virtual dapat sama, tetapi tidak akan pernah melampaui kecepatan eksekusi proses yang sama di sistem yang tidak menggunakan memori virtual".

sebagian besar artikel ini adalah hasil search diblog sobat sobat laennya

terima kasih....untuk semuaa partisipasinya..